Pada jembatan, dapat terjadi pergerakan yang diakibatkan oleh pemuaian dan penyusutan yang karena perubahan temperatur, pergerakan tanah, gaya sentrifugal dan logitudinal dari kendaraan yang melintas, lendutan akibat beban, maupun kombinasi dari semua gaya tersebut. Untuk mencegah kerusakan jembatan yang disebabkan oleh pergerakan jembatan, maka diperlukan landasan yang dapat menahan pergerakan jembatan. Penahan jembatan atau landasan jembatan yang baik adalah yang bersifat awet, mudah pemasangan dan pemeliharaannya, dan murah. Landasan jembatan dapat menahan pergerakan jembatan dengan meneruskan gaya dan meredam getaran dari bangunan atas ke bangunan bawah.

Landasan jembatan terdiri dari dua komponen yaitu bantalan jembatan dan dudukan bantalan. Ada beberapa tipe bantalan jembatan dari bahan pembuatannya, di antaranya : bantalan karet, logam, dan lainnya. Di antara bahan bantalan jembatan tersebut, yang paling sering digunakan adalah bantalan berbahan karet. Bantalan karet sendiri dapat terbuat dari karet alami (natural rubber), karet sintetis (seperti neoprene dan EPDM), maupun campuran karet alami dan sintetis. Karet bantalan jembatan atau yang biasa disebut sebagai elastomeric bearing pads jauh lebih mudah dipasang pada jembatan dibandingkan dengan jenis bantalan yang lain dan memerlukan perawatan yang seminimal mungkin. Elastomeric bearing pad dapat mampat saat diberi tekanan vertikal dan juga mampu mengakomodasi rotasi horizontal, serta memberikan gerakan pergeseran lateral.

Karet bantalan jembatan dapat berupa blok bantalan karet biasa (Plain bearing pad ) ataupun dengan lapisan lempengan baja di dalamnya (Steel Reinforced Elastomeric Bearing). Steel Reinforced Elastomeric Bearing merupakan karet bantalan jembatan yang dibuat dari penggabungan lempengan baja dan elastomer atau karet pada saat proses vulkanisasi atau pencetakan bantalan jembatan. Gambar 1 di bawah ini menunjukkan perbedaan antara Plain bearing pad dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing.

Plain Bearing Pad & Steel Reinforce Elastomeric Bearing Pad

Gambar 1. Plain Bearing Pad & Steel Reinforce Elastomeric Bearing Pad

Kemampuan bearing pad dalam menahan beban vertikal semakin meningkat dengan semakin banyaknya jumlah lempengan baja. Plain bearing pad akan memampat bila dikenai beban atau tekanan vertikal dimana pada Steel Reinforced Elastomeric Bearing, bantalan akan menonjol keluar disertai dengan penyerapan beban vertikal oleh tiap-tiap lempengan baja seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 2.

Gambar 2. Penyerapan beban vertikal oleh Plain bearing pad  dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pad

Gambar 2. Penyerapan beban vertikal oleh Plain bearing pad dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pad

Sementara itu, penyerapan beban dan pergerakan horizontal oleh Plain bearing pad dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing ditunjukkan oleh Gambar 3. Steel Reinforced Elastomeric Bearing tersusun dari karet elastomer yang dipisahkan dengan kepingan baja reinforce. Ukuran bantalan, jumlah lempengan baja, serta ketebalan dari bantalan di antara lempengan baja disesuaikan dengan kebutuhan beban atau tekanan yang akan disalurkan oleh bantalan tersebut.

Gambar 3.  Penyerapan beban vertikal oleh Plain bearing pad  dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pad

Gambar 3. Penyerapan beban vertikal oleh Plain bearing pad dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pad

Bhineka Citra Sejahtera memproduksi karet bantalan jembatan elastomer, baik karet bantalan jembatan biasa (plain bearing pad) maupun bantalan jembatan dengan kepingan baja reinforce (Reinforce Steel Elsatomeric Bearing Pad) dengan berbagai ukuran disesuaikan dengan permintaan customer. Selain itu, karet bantalan jembatan juga dapat diproduksi dengan bahan baku karet alami maupun karet sintetis seperti neoprene, EPDM, dan bahan lainnya dengan kualitas terbaik.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi :

Bhineka Citra Sejahtera, Jalan Terusan Danau Kerinci IE No.5 Sawojajar, Malang.

Telp/fax 0341-725411

Mobile 081703213011

e-mail : bhinekacitra@gmail.com / bcsrubber@gmail.com

Karet Bantalan  Jembatan (Elastomeric Bearing Pad)

Karet Bantalan Jembatan (Elastomeric Bearing Pad)

Sumber Pustaka :

http://bdfpu.web.id/diklat/digital/materi/19.pdf

http://www.smdisteel.org/~/media/Files/SMDI/Construction/Bridges%20-%20All%20-%20Paper%20-%20Steel%20Bridge%20Bearing%20Selection%20and%20Design%20Guide%20-%20%20Part%20III.pdf

http://pretread.com/bridgebearing.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Elastomeric_bridge_bearing

http://www.dot.ca.gov/hq/esc/techpubs/manual/bridgemanuals/bridge-design-specifications/page/section14.pdf