Elastomer Jembatan Jenis 1 adalah Elastomer Jembatan dengan dimensi ukuran 350 X 300 X 36mm. Elastomer ini mempunyai 2 type :

  1.   Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Polos / tanpa pelat baja

Elastomer Jembatan Jenis 1 Polos,Elastomer Bearing Pads Standart PU,Elastomer Bearing Pads,

2.  Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis /Laminasi ( berlapis lembaran pelat baja).

Elastomer Jembatan Jenis 1 Laminasi,Elastomer Bearing Pads Standart PU,Elastomer Bearing Pads,

    Sesuai dengan ukurannya elastomer ini lebih cocok  digunakan untuk jembatan yang bentangnya  10 – 12,5 meter , single girder dengan beban rendah. Untuk jembatan dengan pembebanan lebih berat dengan bentang yang sama dan single girder lebih disarankan menggunakan Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis. 

     Kelebihan Elastomer Jembatan type 1 Berlapis adalah mampu menahan beban sampai  50.82 ton per end girder ( Hasil Uji  Kekakuan Tekan dan Geser  Elastomer produksi Bhineka Rubber ). Dengan adanya beban  maksimum  50.2 ton Elastomer Jembatan Jenis 1  hanya menglami penurunan 4.35 % dari ketebalan Elastomer, hal ini sesuai dengan ketentuan AASTHO M 251-90 yang mensyaratkan Penuruan Maksimum yang diperbolehkan hanya  8 % dari ketebalan elastomer .Adanya lembaran pelat baja yang diinsert atau disisipkan kedalam Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis menyebabkan Elastomer ini mampu mecegah terjadinya pengelembungan ( bulging ) akibat beban vertical  sehingga mampu mencegah terjadinya deformasi berlebihan . Gambar dibawah ini merupakan Hasil Uji Kekuatan tekan dan Geser Elastomer Jembatan Jenis 1

Hasil Kekuatan Tekan dan Geser Elastomer Jembatan jenis 1

Advertisements